Dinas Perdagangan Akui Masker dan Hand Sanitizer Langka  

Giat pengawasan tertib perdagangan dan perindustrian di sejumlah apotik dan gudang distributor masker dan hand sanitizer di Pekanbaru baru- baru ini.

PEKANBARU - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru, mengakui, saat ini untuk dua alat pencegahan yakni masker dan hand sanitizer langka di pasaran.

Hal itu diketahui setelah dilaksanakannya giat pengawasan tertib perdagangan dan perindustrian di sejumlah apotik di Pekanbaru baru- baru ini.

Kepala DPP Pekanbaru, mengatakan, pihaknya sudah memeriksa sejumlah gudang distributor masker dan hand sanitizer termasuk di sejumlah apotik di Pekanbaru.

Diantaranya di Apotik Kimia Farma, Apotik Asean, Distributor Kimia Farma, Distributor Indomedika Mulia Jaya.

"Masker dan hand sanitizer langka di pasaran. Kami sudah turun langsung ke gudang penyimpanan alat kesehatan. Ternyata memang kosong," ujar Ingot Ahmad Hutasuhut, Senin (23/3/2020).

Akibat dari kelangkaan tersebut, harga masker dan hand sanitizer melambung tinggi di Pekanbaru. Hal itu menjadi persoalan karena masker dan hand sanitizer termasuk produk yang tidak bersifat penugasan.

"Artinya, produk masih mengacu pada mekanisme pasar dan juga belum ada kebijakan dari pemerintah terkait hal itu," jelasnya.

Kondisi saat ini, produsen alat kesehatan tidak mengirimkan produknya ke Pekanbaru. Maka, DPP akan terus mencoba dan mencari jalan untuk mengatasinya. (iky).


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar